Situs Permainan Terbaik Berita Terpercaya

Potensi Wisata Alam Situ Cibeureum Tasik Yang Hebat dan Belum Dimaksimalkan

Wisata Alam Situ Cibeureum
banner 120x600
banner 468x60

Wisata Alam Situ Cibeureum, yang berada di Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya, adalah salah satu kekayaan alam yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Meskipun memiliki luas 21 hektar dan berpotensi besar untuk menjadi destinasi wisata alam dan aktivitas luar ruangan, kawasan ini masih sepi dari kunjungan wisatawan.

Kegiatan Harian di Situ Cibeureum

Kehidupan Sehari-hari di Sekitar Situ

Setiap hari, Situ Cibeureum selalu didatangi oleh warga setempat. Mereka datang hanya untuk bersantai, memancing, atau menjala ikan. Menurut Entin Sutini, seorang pedagang setempat yang berusia 55 tahun, pengunjung yang datang khusus untuk berwisata sangat jarang. “Iya, memang tiap hari pasti ada warga yang datang. Sekedar duduk-duduk, memancing atau menjala ikan. Kalau yang sengaja datang untuk berwisata jarang,” kata Entin pada hari Selasa, 2 Juli 2024.

banner 325x300

Minimnya Fasilitas Wisata

Entin memaklumi situasi ini dan tidak berharap banyak, mengingat daya tarik wisata di Situ Cibeureum yang relatif minim. “Memang begini adanya, paling bisa untuk tempat botram (makan bersama) atau ‘niis’ (istirahat, ngadem). Dagang juga jajanan seadanya saja,” ujar Entin.

Potensi Wisata Alam Situ Cibeureum yang Belum Optimal

Pada hari Selasa, 2 Juli 2024, kawasan Situ Cibeureum tetap menarik untuk disinggahi. Meskipun terkesan kurang terawat dan minim sentuhan pembangunan, suasana sejuk khas perkebunan langsung terasa. Helaan nafas yang segar, mungkin disebabkan oleh kaya oksigen dari vegetasi yang rimbun, membuat tempat ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam.

Aktivitas di Sekitar Danau Wisata Alam Situ Cibeureum

Kegiatan Memancing dan Menjala Ikan

Beberapa titik di danau terlihat tidak terlalu dalam, seperti yang ditandai dengan kehadiran warga yang turun untuk menjala ikan. Aktivitas memancing dan menjala ikan menjadi hiburan bagi warga setempat serta sumber protein bagi keluarga mereka. “Biasanya ikan mujair dan gabus yang bisa didapat, kadang-kadang ada juga nilem. Sekedar hiburan saja, hasilnya sedikit, tidak sampai dijual, paling untuk makan di rumah,” kata Ateng, seorang warga yang tengah menjala ikan.

Trek Motor Offroad di Sisi Timur Danau

Di sisi timur danau, terdapat bukit kecil yang rimbun oleh pepohonan, di mana terdapat trek sepeda motor offroad. Setiap sore di akhir pekan, trek ini sering digunakan oleh penggemar motor trail untuk latihan. “Kawasan ini sebenarnya sangat menjanjikan, alamnya sangat cocok untuk berbagai kegiatan di luar ruangan. Mungkin karena minim promosi dan lokasinya di pinggiran Kota Tasik jadi kurang terkenal.” ungkap Dede Danial, penduduk warga di sana.

Harapan untuk Pengembangan Wisata

Dede memiliki harapan besar bahwa di masa depan kawasan ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Hal ini sejalan dengan pesatnya pembangunan yang mulai merambah Kecamatan Tamansari. “Dekat sini kan ada kampus 2 Unsil, mudah-mudahan saja nantinya kawasan ini semakin dikenal, semakin banyak dikunjungi dan ramai, sehingga bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” ujar Dede.

Potensi Wisata Alam Situ Cibeureum

Pemasok Air Bagi Pertanian

Situ Cibeureum selama ini menjadi sumber pemasok air bagi kawasan pertanian di sekitarnya. Pemprov Jawa Barat mengelola danau ini melalui PSDA Ciwulan-Cilaki. Selain sebagai sumber air, Situ Cibeureum memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alam.

Keindahan Wisata Alam Situ Cibeureum yang Terpendam

Keindahan alam Situ Cibeureum seakan terpendam, menunggu untuk digali. Dengan luas yang mencapai 21 hektar, danau ini bisa menjadi tempat wisata alam yang menarik, dengan berbagai kegiatan seperti berkemah, bersepeda, atau sekadar menikmati pemandangan.

Tantangan dalam Pengembangan

Namun, pengembangan kawasan ini menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya promosi dan fasilitas penunjang wisata. Selain itu, letaknya yang berada di pinggiran kota juga menjadi salah satu alasan mengapa kawasan ini belum dikenal luas oleh wisatawan.

Potensi Ekonomi dan Sosial

Peluang Ekonomi Bagi Warga Sekitar

Dengan pengembangan yang tepat, Wisata Alam Situ Cibeureum dapat memberikan peluang ekonomi bagi warga sekitar. Penjual makanan dan minuman, penyedia jasa perahu, serta penyewaan alat-alat rekreasi dapat menjadi sumber penghasilan baru bagi masyarakat setempat.

Kontribusi Terhadap Pariwisata Kota Tasikmalaya

Pengembangan Situ Cibeureum juga dapat berkontribusi terhadap pariwisata Kota Tasikmalaya secara keseluruhan. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung, sektor pariwisata kota ini bisa semakin berkembang dan dikenal luas.

Dukungan dari Pemerintah dan Swasta

Agar bisa mencapai potensi maksimal, kita butuh dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah dan perusahaan swasta. Kerja sama yang baik antara semua pihak dapat membantu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dalam pengembangan Wisata Alam Situ Cibeureum.

Strategi Pengembangan Wisata Alam Situ Cibeureum

Peningkatan Infrastruktur

Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan adalah peningkatan infrastruktur. Jalan menuju Situ Cibeureum harus diperbaiki, dan fasilitas penunjang wisata seperti toilet, tempat parkir, dan area bermain perlu dibangun. Dengan infrastruktur yang memadai, wisatawan akan merasa lebih nyaman saat berkunjung.

Promosi yang Efektif

Promosi yang efektif juga sangat penting untuk menarik wisatawan. Kampanye promosi melalui media sosial, situs web pariwisata, serta kerjasama dengan agen perjalanan dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang potensi Wisata Alam Situ Cibeureum.

Pengembangan Kegiatan Wisata

Selain itu, pengembangan berbagai kegiatan wisata juga perlu dilakukan. Aktivitas seperti berkemah, bersepeda, memancing, dan trekking dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan menawarkan berbagai kegiatan menarik, Situ Cibeureum bisa menjadi destinasi wisata alam yang diminati banyak orang.

Manfaat Pengembangan Wisata

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pengembangan Wisata Alam Situ Cibeureum dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, peluang ekonomi baru akan terbuka, sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga sekitar.

Pelestarian Lingkungan

Pengembangan wisata yang dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan juga dapat membantu pelestarian lingkungan. Dengan mengedepankan prinsip-prinsip ekowisata, kelestarian alam Situ Cibeureum dapat dijaga, sehingga generasi mendatang juga dapat menikmati keindahan alam ini.

Peningkatan Citra Kota Tasikmalaya

Terakhir, pengembangan Wisata Alam Situ Cibeureum juga dapat meningkatkan citra Kota Tasikmalaya. Dengan adanya destinasi wisata alam yang menarik, kota ini bisa lebih dikenal luas, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga nasional dan bahkan internasional.

Dengan berbagai potensi yang dimilikinya, Situ Cibeureum dapat menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan di Kota Tasikmalaya. Dengan pengembangan yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak, kawasan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat dan berkontribusi terhadap pariwisata kota ini secara keseluruhan.

Artikel ini di tulis oleh: https://japanpress.info/

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *